Rabu, 24 September 2014

"Ngembat Watang"

Batang adalah sebuah Kabupaten Kecil di sebelah timur Kota Pekalongan dan disebelah barat kota Kendal Jawa Tengah. Tak banyak yang tahu memang tentang kota kecil ini, namun Batang terkenal dengan Alas Roban-nya di kalangan pantura. 
Menurut legenda yang sangat populer, Batang berasal dari kata “ Ngembat Watang “ yang berarti mengangkat batang kayu. Hal ini di ambil dari peristiwa kepahlawanan Ki Ageng Bhahurekso, yang dianggap sebagai cikal bakal Batang. Ki Ageng Bhahurekso adalah anak dari Ki Ageng Cempaluk dari Kesesi (Sebelah Selatan kota Pekalongan, sekarang telah menjadi daerah Kecamatan Kesesi sebagian dari Kabupaten Pekalongan).
Walaupun Batang adalah kota kecil, namun tak terhitung kekayaan yang terdapat di Kota Batang, mulai Sejarah, Pariwisata, Cagar Budaya, Kuliner, Kerajinan, Prasasti, Olahraga, dll. Apakah Anda mengetahui bahkan menyukai yang namanya EMPING Mlinjo? Nah, di Batang lah pusat Pembuatan Emping mlinjo yang terkenal sampai ke mancanegara itu. Batang juga mempunyai makanan khas lain yaitu Serabi Kalibeluk, Megono Khas Batang, Madu Pramuka, Momoh Wedhus, Growol, dan sebagainya. Batang juga mempunyai banyak situs peninggalan diantaranya patung Ganesa, goa Poncowati, situs Balekambang dan lain-lain. Sampai sekarang masih dilakukan penelitian yang mengarah pada penggalian sejarah yang ada di Batang. Batang Juga Mempunyai tempat-tempat yang sangat indah, dari pantai, hingga pegunungan. VISIT BATANG !



Situs yang terkait :
http://www.batanggallery.or.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar