Rabu, 24 September 2014

Ekonomi Syari'ah

Program Studi S1 Ekonomi Syari’ah merupakan disiplin keilmuan baru yang dilaksanakan di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyyah Sejak tahun 2013. Walaupun terhitung baru, tetapi jumlah peminat di prodi ini sangat antusias, sampai Jurusan harus dengan berat hati tidak menerima sebagian pendaftar di Ekonomi Syari'ah.
Perkembangan Ekonomi Syari'ah dewasa ini sangat pesat, karena penerapan Syariah Islam tidak hanya bisa diterapkan pada market Muslim saja, akan tetapi justru menarik perhatian market dari kalangan apa saja untuk menerapkan ekonomi syari'ah. Apakah penyebabnya? Karena Ekonomi Syari'ah mempunyai prinsip selain berdasarkan nilai agama, juga menerapkan azas halal haram, berkeadilan, saling rela, tidak mendzolimi dan di dzolimi, serta terdapat transparansi dalam bertransaksi. Jadi market lebih memperhatikan keuntungan yang lebih di Ekonomi Syari'ah ini daripada Ekonomi Konvensional. Hal Ini yang menyebabkan Bank-bank Syari'ah menjamur dan tentunya membutuhkan SDM yang ahli di bidang Ekonomi Syari’ah.

Program Studi ini bertujuan untuk mencetak sarjana Ekonomi Syari’ah yang tidak hanya menguasai ilmu pengetahuan dan keterampilan di bidang ilmu ekonomi syari’ah, tetapi juga memiliki kemandirian dan sikap ilmiah untuk menemukan, mengaktualisasikan dan mengembangkan pengetahuan dalam bidang ekonomi syari’ah yang diperkuat dengan keahlian mereka dalam bidang ushul fiqih dan mu’amalah. Sehingga prospek kerja lulusan sangatlah luas.

Selain sebagai praktisi, konsultan di lembaga-lembaga keuangan dan bisnis syari’ah seperti Perbankan, Penggadaian, Asuransi/takaful, Leasing, Pasar Modal dan lain-lain, juga sebagai peneliti, pendidik, dan pakar di bidang ilmu ekonomi syari’ah yang berkualifikasi ulamaFiqih (khususnya bidang Mu’amalah).

Untuk meningkatkan kualitas sumber daya alumni, prodi ini menawarkan dua konsentrasi, yaitu akuntansi syari’ah dan perbankan syari’ah. Kualitas kurikulum dirancang sesuai dengan perspektif stakeholders dengan didukung fasilitas perkuliahan yang dilengkapi laboratorium, perpustakaan dan ruang kelas yang modern. Staf pengajar selain didukung oleh para dosen yang berkualifikasi S2 dan Doktor, juga oleh para praktisi di bidang ekonomi syari’ah, seperti Bank Syari’ah, BMT, Takaful, Penggadaian Syari’ah, Bisnis Syari’ah, dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar